Modul 3.1.a.8 Koneksi Antar Materi
Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Sudirman Ibrahim, Calon Guru Penggerak Angkatan 7
SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.
Dalam uraian berikut ini saya membahas tentang Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2.a.6 terkait Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam Tugas ini terdapat beberapa pertanyaan yang akan saya coba membahasnya satu persatu.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B – A – G – J – A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Gunakan pertanyaan – pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video
Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Berdasarkan video yang terdapat dalam tautan: https://youtu.be/YMflitCt1yI, Saya dapat menyimpulkan bahwa visi yang sesuai dengan video tersebut adalah :”Terwujudnya Peserta didik Yang Berkarakter,Kreatif,Mandiri dan Inovatif dalam Merdeka Belajar”.
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru tersebut adalah mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar murid disekolah secara berkelanjutan.
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Pertanyaan utamanya adalah:
Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyamandan menyenagkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat dalam belajar disekolah secara berkelanjutan ?
Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
“ B A G J A “
B (Buat Pertanyaan)
Pertanyaan
- Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada murid ?
- Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar murid ?
Tindakan
- Guru menggali informasi dari berbagai sumber tentang cara meningatkan semangat belajar murid.
- Guru berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan mendiskusikan Prakarsa perubahan yang akan dilakukan
- Guru meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar.
- Guru menuliskan dipapan tulis mengenai”Penyemangat Belajar”,untuk kemudian mendiskusikannya dengan murid.
A ( Ambil Pelajaran)
Pertanyaan
- Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi harapan murid agar semangat belajar?
- Kelas mana di sekolah ini yang sudah berhasil membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan ?
- Bagaimana strategi untuk menggali inspirasi kelas impian murid?
Tindakan
- Guru meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal yang apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar .
- Guru meminta murid untuk menceritakan hal-hal yang disukai dari kelasnya.
- Guru mencari contoh yang nyata ada disekolah ini yaitu kelas yang sudah dapat mewujudkan impian kelas murid
- Guru mengajak murid mengunjungi kelas 2 dan 6 untuk mengetahui apa saja yang meraka sukai dari kelasnya sehingga dapat dijadikan inspirasi suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam belajar.
- Guru mengajak murid untuk mendiskusikan tentang hal apa saja yang disukai dikelasnya dan kelas 2 dan 6.
G (Gali Mimpi)
Pertanyaan
- Apakah yang dibayangkan tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan ?
- Kelas seperti apa yang diinginkan dan diimpikan ?
- Kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti apa yang dapat meningkatkan semangat belajar ?
Tindakan
- Guru meminta siswa memejamkan mata untuk membayangkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Guru memotivasi siswa untuk mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai gambaran kelas yang nyaman dan menyenangkan .
- Guru meminta siswa mengemukakan pendapatnya atau mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya mengenai kelas yang nyaman dan menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat belajar dan guru mencatat seperti apa kelas yang nyaman dan menyenangkan yang diinginkan.
J (Jabarkan Rencana)
Pertanyaan
- Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam suasana belajar sesuai impian ?
- Apa yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan murid ?
Tindakan
- Guru berdiskusi serta berkolaborasi dalam menuliskan hasil pemikiran dan membuat catatan yang ingi dicapai mengenai kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian murid.
- Guru mengajak murid untuk menentukan dan menyebutkan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian yang menjadi penyemangat belajar murid.
- Guru membetuk murid dalam beberapa kelompok untuk melakukan target yang ingin dicapai.
- Guru membantu murid menulis kebutuhan dalam mewujudkan kelas impian murid dipapan tulis .
A (Atur Eksekusi)
Pertanyaan
- Kapan akan dimulai program kegiatan ini ?
- Siapa saja yang terlibat dalam program kegiatan membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan ini ?
- Siapa yang akan mengarahkan dan memantau serta mendampingi dalam pelaksanaan dan memecahkan kesulitan dalam pelaksanaan mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Tindakan
- Guru mengajak murid menentukan waktu kapan akan memulai pelaksanaan rencana mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sebagai penyemangat belajar,apakah minggu ke satu,ke dua,ketiga atau keempat.
- Kepala sekolah,Guru,Rekan sejawat,Murid.Kegiatan ini telah disetujui oleh kepala sekolah.Guru membentuk murid ke dalam beberapa kelompok kerja yang telah ditetapkan tugasnya masing-masing(murid membersihkan kelas,membuat hiasan dinding,menata ruangan kelas/bangku,menyusun buku pada rak/lemari buku,memasang hiasan dinding)
- Guru melakukan pendampingan serta membantu murid jika ada kendala dalam kegiatan tersebut.
- Guru memberikan apresiasi kepada semua murid stelah seleasai dalam kegiatan mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
- Seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam video tersebut,menunjukan erannya antara lain sebagai berikut :
- Mampu mengembangkan komunitas belajarnya dikelas melalui pendekatan yang berbasis asset,dimana guru menggali dan memetakan modal atau kekuatan yang dimiliki kelas dan sekolah untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sebagai penyemangat belajar.
- Guru melibatkan rekan sejawat dalam perumusan Prakarsa perubahandan murid sebagai pelaksana dalam hal ini,guru berperan sebagai manajer dalam kegiatan kolaborasi.
- Guru berfokus pada aset atau kekuatan yang ada disekolah untuk melakukan Prakarsa perubahan sesuai visi sekolah.
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayang video? lalu bagaimana pemanfataannya
7 Aset/Modal Utama
Aset Yang Di Miliki dan Strategi Pemanfaatannya
Modal manusia
(Aset)
- Guru yang visioner
- Murid yang kreatif
- Rekan sejawat yang visioner
- Kepala sekolah yang selalu mendukung
(Strategi Pemanfaatan)
- Guru mampu mengarahkan, memfasilitasi, serta mewujudkan kelas impian murid yang nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi penyemangat dalam belajar.
- Murid mampu membuat design/sketsa kelas impian dengan membuat hiasan, membersihkan lantai, merapikan kursi, dan melengkapi kelas dengan sudut baca/ rak buku.
- Rekan sejawat ikut berpartisipasi dalam mewujudkan impian kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Kepala sekolah memberikan ijin dan dukungan penuh untuk kegiatan tersebut.
Modal Sosial
(Aset)
- Kerjasama dengan wali murid
- Kerjasama dengan wali kelas 2 dan 6
- Kerjasama dengan rekan sejawat
(Strategi Pemanfaatan)
- Wali murid memberikan dukungan penuh dalam kegiatan putra putrinya.
- Wali kelas 2 dan 6 membantu memfasilitasi kegiatan observasi di kelasnya
- Membantu merumuskan prakarsa perubahan untuk sama-sama mewujudkan visi sekolah.
Modal Fisik
(Aset)
- Ruang kelas yang luas
- Sudut kelas
- Kelas yang luas
(Strategi Pemanfaatan)
- Memanfaatkannya sebagai media sarana untuk mewujudkan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan sebagai penyemangat belajar
- Memanfaatkan sebagai prasarana yang belum digunakan secara maksimal
- Murid dapat memanfaatkan kelas yang luas dengan bebas berkreasi
Modal Lingkungan Alam
(Aset)
- Hiasan yang terdapat dilingkungan kelas
(Strategi Pemanfaatan)
- Memanfaatkan bahan-bahan dan hiasan yang ramah lingkungan kemudian ditempelkan didinding dengan ditambah kreasi oleh murid sesuai kelas yang diimpikan mereka.
Modal Agama/Budaya
(Aset)
- Budaya gotong royong
- Sikap santun
(Strategi Pemanfaatan)
- Memanfaatkan adanya kebiasaan bergotong royong antar guru (teman sejawat) dan antar murid sehingga dimanfaatkan untuk mewujudkan impian bersama yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan
- Memanfaatkan sikap santun yang dimiliki oleh para murid yang saling menghargai kemampuan antar murid.
Modal Politik
(Aset)
- Memiliki kepala sekolah yang siap mendukung
(Strategi Pemanfaatan)
- Pemanfaatannya kepala sekolah selalu mendukung dalam setiap perubahan yang positif melalui kebijakan-kebijakannya yang mengakomodirkepentingan warga sekolah dan peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Modal Finansial
(Aset)
- Pendanaan dari sekolah
- Wali Murid(sumbangsih)
- Swadaya dari guru
(Strategi Pemanfaatan)
- Pemanfaatannya penyediaan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat atau mengadakan hiasan-hiasan dinding dan perlengkapan lainnya untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sebagai penyemangat belajar.
Terima Kasih
Salam dan Bahagia
Recent Comments